Saturday, January 4, 2014

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran Agar Kulit Cerah dan Tubuh Ramping


Foto : Thinkstock

Jakarta - Merawat kulit tidak hanya dari luar saja, tapi juga perlu dirawat dari dalam. Dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang kaya nutrisi serta antioksidan. 

Selain untuk menjaga kulit juga dapat mencegah risiko penyakit jantung, kanker dan juga menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur secara teratur.

1. Kulit cerah
Menurut Journal Evolution and Human Behavior, orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayur setiap hari memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Karena senyawa karotenoid yang berasal dari buah yang berwarna merah, oranye, dan kuning yang dapat menghasilkan rona bercahaya pada kulit.

2. Melindungi kulit dari paparan sinar UV
Likopen yaitu pigmen merah terang yang ditemukan padatomat khususnya tomat yang sudah melalui proses pemasakan seperti pasta tomat atau saus tomat dapat berguna sebagai SPF alami kulit. Menurut sebuah penelitian orang yang makan kurang lebih dua sendok makan pasta tomat dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker kulit dan penuaan dini. 

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Penyakit jantung dapat terjadi karena faktor keturunan dan gaya hidup tidak sehat. Akan tetapi kita tetap dapat menjaga kesehatan jantung dengan rajin konsumsi sayur dan buah. Buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung

4. Dapat mencegah kanker
Buah-buahan dan sayuran segar mengandung antioksidan yang dapat melawan kanker. Kandungan nutrisi dalam buah dan sayuran seperti vitamin C, E, karotenoid dan phytochemical dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Menurut penelitian, brokoli dan sayuran lainnya mengandung phytochemical yang disebut sulforaphane yang selektif dalam membunuh sel kanker dan menjaga sel-sel yang sehat. 

5. Tidur nyenyak dan menurunkan berat badan
Makan buah-buahan dan sayuran dapat membantu Anda lebih nyenyak saat tidur. Menurut sebuah studi di Europan Respiratory Journal dengan menjalani diet mediterania yang kaya akan buah-buahan dan sayuran ditambah dengan aktivitas fisik secara teratur selama enam bulan dapat tingkatkan kualitas tidur dan menurunkan berat badan. 

Lusiana Mustinda - detikFood













No comments: