Thursday, September 19, 2013

Stroberi dan Bluberi Cegah Serangan Jantung


Foto Shutterstock http://health.kompas.com

Kompas.com - Kabar gembira bagi Anda penggemar buah-buahan jenis beri. Menurut penelitian, wanita yang rutin mengonsumsi buah stroberi atau bluberi beresiko lebih rendah terkena serangan jantung.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Circulation ini menunjukkan, wanita yang sering makan buah beri risikonya 32 persen lebih rendah mendapat serangan jantung dibanding yang makan buah-buahan itu sebulan sekali.

Bluberi dan stroberi adalah buah yang tinggi kandungan flavonoid-nya, terutama jenis antosianin, yang diketahui bermanfaat untuk melawan terjadinya plak penyebab serangan jantung.

Penelitian terbaru mengenai manfaat buah beri itu meliputi 93.600 wanita berusia 25-42 yang berpartisipasi dalam Nurses Health Study II. Pola makan para partisipan ini dicatat setiap empat tahun selama periode 18 tahun. Pada akhir penelitian, terdapat 405 responden yang kena serangan jantung.

"Rajin mengonsumsi buah-buahan beri, bahkan pada usia muda akan menurunkan risiko serangan jantung di kemudian hari," kata Aedin Cassidy, ketua departemen nutrisi dari Norwich Medical School di Universitas East Angelica, Inggris.

Pada studi tahun 2012 yang dimuat dalam American Journal of Medicine juga disebutkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi antioksidan dari makanan, risikonya terkena serangan jantung turun sampai 20 persen dalam periode 10 tahun mendatang.

Sumber :
Huffington Post

Penulis : Lusia Kus Anna |
http://health.kompas.com/read/2013/01/21/15342012/Stroberi.dan.Bluberi.Cegah.Serangan.Jantung









No comments: