Saturday, June 14, 2014

Kebiasaan Makan di Kantor Bisa Membuat Berat Badan Naik


Foto : Getty Images

Jakarta - Sudah berdiet ketat tetapi berat badan tetap naik? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan di kantor, mulai dari camilan, kopi, atau pilihan menu makan siang. Agar badan tetap sehat dan ramping, hindari kebiasaan makan yang buruk di kantor.

Pekerja kantor biasa menghabiskan waktu sekitar 8 jam lebih di kantor. Kurang bergerak dan sering mengonsumsi makanan tinggi kalori bisa jadi penyebabnya. Karenanya perhatikan kebiasaan makan di kantor ini.

1. Ngemil biskuit
Makan biskuit ditemani secangkir teh manis adalah kegiatan yang sering dilakukan di kantor. Dengan alasan membantu menjaga energi atau menghindari kantuk, Padahal, biskuit adalah salah satu camilan tinggi kalori karena banyak mengandung gula, lemak, dan terigu. Sebaiknya, hindari membawa biskuit ke kantor dan menyimpan biskuit di laci kerja.

2. Jauhi si pembawa makanan
Di setiap kantor pasti ada orang yang sering menawarkan makanan yang mereka bawa, seperti kue dan biskuit. Meski bermaksud baik, ternyata hal ini tak baik untuk yang sedang berdiet. Boleh saja jika sesekali, namun ini bisa terjadi setiap hari. Pastikan Anda tidak terpengaruh tawaran dari orang-orang seperti ini. Tolak tawaran makanan dari mereka dengan cara baik-baik.

3. Jangan habiskan kue
Selalu saja ada sesuatu yang dirayakan di kantor. Mulai dari ulang tahun, pernikahan, hingga seseorang yang berhenti bekerja. Biasanya selalu ada kue. Itu artinya Anda harus siap-siap untuk kalori ekstra yang masuk ke tubuh. Anda merasa tidak enak jika tidak memakan kue yang ditawarkan. Sebaiknya, cicipi kue sedikit dengan porsi kecil dan jangan sampai habis. Hal ini lebih baik agar kalori yang masuk tidak terlalu banyak.

4. Bawa bekal makan siang sendiri
Makan siang yang dihidangkan di luar memang sangat menggoda. Karena pilihannya banyak dan semua terlihat lezat. Padahal Anda belum tahu kandungan nutrisi dan kebersihannya. Lebih baik bawa bekal makanan sendiri dari rumah. Selain itu lebih hemat. Hentikan kebiasaan makan siang di luar. Jika terpaksa, sebaiknya batasi seminggu sekali.

5. Kurangi bertemu rekan kerja di akhir pekan
Pada akhir pekan, kadang Anda suka bertemu dengan rekan kerja, entah di restoran atau kafe. Pertemuan itu selalu dilengkapi dengan makanan minuman yang sengaja dipesan sebagai teman ngobrol yang tinggi kalori. Sebaiknya, jangan biasakan pertemuan dengan rekan kerja di akhir pekan. Gunakan akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga. Mungkin Anda bisa memasak bersama atau berolahraga.

6. Minum air yang cukup
Ketika sedang serius bekerja, seringkali Anda lupa untuk minum air. Kurangnya pasokan air yang cukup membuat darah mengental dan meningkatkan viskositas darah. Hal ini bisa memicu gangguan pembuluh darah otak, penyakit kardiovaskular, dan gangguan fungsi ginjal. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan cukup minum air. Hindari minuman manis, lebih baik minum air putih.




No comments: