Thursday, January 15, 2015

Racikan Oatmeal Untuk Sarapan



Foto : Getty Images

Oatmeal jadi menu sarapan favorit banyak orang. Selain dipadukan dengan susu, oatmeal bisa diracik dengan buah segar dan keju. Boleh juga meniru sajianoatmeal gaya Meksiko dan Turki.

Kalau Anda tak terbiasa sarapan dengan oatmealdingin seperti overnight oatnamun bosan hanya mencampur oatmeal dengan susu, coba variasi ini.

1. Bubur oatmeal gurih
Hidangan ini bisa jadi pengganti bubur ayam. Tuangkan 1/4 cangkir kejucheddar parut dan 1/4 sendok teh paprika bubuk ke mangkuk oatmeal. Bumbui dengan sedikit garam dan lada bubuk secukupnya, lalu tambahi 1/2 batang daun bawang yang diiris. Jangan lupa aduk sebelum menikmatinya.

2. Oatmeal a la Meksiko
Alpukat dan salsa yang banyak digunakan dalam kuliner Meksiko ternyata enak juga dipadukan dengan oatmeal. Buat satu buah telur mata sapi (sunny side up) dengan bagian kuning setengah matang. Jangan lupa taburi sedikit garam dan lada. Sajikan di atas oatmeal dengan tambahan 2 sendok makan salsa dan 1/4 buah alpukat yang diiris-iris.
Bahan salsa terdiri dari tomat tanpa biji, daun ketumbar, cabai hijau besar, bawang bombai, dan sedikit bawang putih. Cincang halus semuanya lalu aduk dengan air jeruk lemon dan garam.


Oatmeal ala Meksiko (Foto Getty Images)

 3. Oatmeal a la Turki
Dessert Turki banyak menggunakan kacang-kacangan dan buah kering, seperti oatmeal ini. Aduk oatmeal dengan sedikit pala bubuk, lalu tambahi topping 2 sendok makan buah kering (misalnya kismis, cranberry, ceri) dan 1 sendok makan pistachio cincang. Terakhir, tuangi 1 sendok makan madu ke atasnya.

Oatmeal ala Turky (Foto : Getty Images)

4. Oatmeal asam manis
Yoghurt dan selai jeruk, paduan favorit penggemar citarasa asam manis. Tambahkan saja masing-masing 2 sendok makan yoghurt tawar rendah lemak dan marmalade jeruk ke semangkuk oatmeal hangat.

5. Oatmeal PB&J
Selai kacang dan selai anggur (peanut butter and jelly) tak hanya cocok dijadikan olesan roti tawar. Tinggal adukoatmeal bersama 2 sendok makan selai kacang, lalu beri 5 butir anggur merah.

6. Oatmeal tropis
Bayangkan Anda sedang bersantai di pantai sambil menyantap oatmeal tropis ini. Aduk oatmeal dengan 1 sendok makan gula palem. Tambahkan 2 sdm mangga potong, 2 sendok makan kacang mete cincang, serta 2 sendok makan kelapa parut sangrai.




No comments: