Saturday, May 9, 2015

Berapa Banyak Idealnya Anda Minum Kopi?


Wanita minum kopi (Ilustrasi)
Foto : SheKnows

Banyak orang suka minum kopi sebab itu benar-benar baik untuk kesehatan mental dan fisik. Namun, banyak berita yang melaporkan berapa banyak idealnya seseorang minum kopi setiap dosis hariannya? 

Berikut adalah lima faktor yang perlu dipertimbangkan, dilansir dariHealth, Sabtu (9/5).

Dosis setiap orang berbeda
Dietary Guidelines Advisory Committee menyimpulkan bahwa mengonsumsi kopi moderat 3-5 cangkir delapan ons sehari atau hingga 400 miligam kafein per hari tidak menyebabkan bahaya jangka panjang bagi orang-orang yang sehat. Kata 'sehat' di sini adalah kunci yang perlu diperhatikan. Orang lain mungkin saja sudah merasa gelisah hingga sakit perut ketika baru minum secangkir kopi saja. Ada banyak dosis berbeda yang dibutuhkan setiap orang ketika minum kopi. Pertimbangkan yang terbaik untuk Anda.

Masalah kesehatan Anda hari ini
Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung atau penyakit kronis lainnya, Anda perlu mengurangi konsumsi kopi. Intinya, jika Anda memiliki kondisi medis akut atau sedang berlangsung, juga tekanan darah Anda tidak berkisar normal, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Rutinitas tidur
Satu hal yang pasti bahwa kafein bisa membuat kebanyakan orang susah tidur. Aturan praktis yang baik adalah minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. Jika Anda tergoda untuk minum kopi petang hari, maka cari cara lain untuk membuat Anda lebih bersemangat, seperti jalan cepat, meditasi, atau minum segelas air dingin.

Genetik memainkan peran
Sebab variasi genetik memengaruhi enzim tertentu, beberapa tubuh orang merespon kafein dengan lambat atau cepat. Jadi, kopi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan darah tinggi bagi mereka.

Pertimbangkan isi cangkir Anda
Banyak orang minum kopi dengan cara sembarangan, seperti mencampurkan susu, gula, atau pemanis buatan secara berlebihan. Ini bisa meningkatkan jumlah kalori secara drastis dan akhinya memberi makan sel-sel lemak. Jadi, perhatikan isi cangkir kopi Anda.
Republika.co.id
Reporter : Mutia Ramadhani
Redaktur : Winda Destiana Putri

http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/05/09/no11m9-berapa-banyak-idealnya-anda-minum-kopi

No comments: