Friday, January 13, 2017

Ini Cerita Rahasia Tentang Kopi

Inilah Sebabnya Kopi Berbeda Rasa Meski Diseduh dengan Cara Sama
Foto : iStock (detikFood)

Kopi yang Anda seduh hari ini memakai cangkir berbeda. Bisa jadi rasanya juga terasa berbeda.
Tiap menikmati kopi, baik membelinya ataupun membuat sendiri, mungkin Anda bisa merasakan citarasa berbeda. Padahal racikannya sama saja. Peneliti menyebut ini bisa dikarenakan ukuran cangkir kopi, lapor Metro.co.uk (12/01). 
Pada bulan Maret, sebuah studi akan dipublikasikan di Food Quality and Preference mengenai hal tersebut. Penelitian mengklaim ukuran dan ketebalan cangkir bisa mempengaruhi rasa kopi. 

Peneliti melakukan survei kepada 300 partisipan dari China, Kolombia dan Inggris. Mereka diminta menilai berbagai hal tentang kopi. Baik aroma, tingkat kepahitan, intensitas, suhu, tingkat kafein dan rasa manis. Mereka juga diminta menyatakan seberapa besar mau membayar kopi. Berdasarkan ukuran dan bentuk cangkir. 

Partisipan dari ketiga negara menyatakan kopi dalam cangkir lebih pendek dan sempit terasa lebih pahit, aromatik sekaligus intens. Sementara cangkir berdiameter lebih besar dianggap rasa kopinya lebih manis. 

Bagi orang Inggris dan Kolombia, mereka lebih tertarik membayar lebih untuk cangkir diameter lebih besar. Sedangkan partisipan China umumnya mengatakan bersedia membayar dalam harga sama, apapun ukuran cangkirnya. 

"Bila pemilik kafe, barista dan produsen cangkir mau memanipulasi ekspektasi orang terhadap kopi, mereka sebaiknya secara hati-hati mempertimbangkan diameter dan tinggi cangkir yang digunakan atau dibuat. Sebab hal ini cenderung mempengaruhi aroma yang diharapkan, kepahitan, rasa manis dan intensitas," kesimpulan studi seperti dikutip Refinery29 (08/01). 

Hasil penelitian bisa dikaitkan dengan cangkir yang biasa dipakai di kafe. Kebanyakan orang yang mengonsumsi kopi seperti espresso dalam jumlah sedikit. Tapi kopi dengan tambahan susu dalam ukuran cangkir besar. 

Tampaknya orang akan mengasosiasikan cangkir besar dengan kopi yang manis dan ringan. Sednagkan cangkir kecil untuk rasa kopi yang pekat.

Penulis : Maya Safira - detikFood

No comments: