Tuesday, June 23, 2015

Sayuran Kaya Air Ini Dalam Hidangan Puasa


Foto : Thinkstock

Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Asupan air tidak hanya dari air dan minuman tetapi juga dari beragam sayuran. Agar asupan air tercukupi, pilih sayuran yang kaya akan air sebagai pelengkap santapan berbuka.

Selain memperbanyak minum air putih, mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak air juga dapat menjaga kadar hidrasi tubuh.

1. Selada
Sayuran yang renyah dan hambar ini memiliki kandungan air yang tinggi, sebanyak 95,6%. Selain itu, selada juga kaya akan serat dan nutrisi seperti vitamin folat dan vitamin K yang baik untuk kesehatan pencernaan. Olah beragam jenis daun selada untuk racikan salad atau lalapan agar mendapatkan asupan airnya maksimal.

2. Seledri
Selain mengandung  95,4% air, seledri juga tinggi serat dan nutrisi seperti asam folat, vitamin A, C dan K sehingga dapat menghidrasi tubuh. Kandungan air di dalam seledri baik untuk menyehatkan pencernaan dan mengekang nafsu makan. Selain itu seledri hanya mengandung 6 kalori per batangnya sehingga baik sebagai menu diet sehat.
3. Lobak
Lobak adalah salah satu jenis sayur-sayuran yang banyak mengandung air. Kandungan air pada sayuran lobak sebanyak 95,3%. Sayuran ini cocok menjadi campuran salad dan dijadikan sup lobak. Selain itu, lobak juga mengandung banyak zat antioksidan seperti catechin yang terdapat di dalam teh hijau, vitamin, dan kalium.
4. Paprika Hijau
Hanya sedikit saja yang tahu bahwa paptrika mengandung banyak air. Terutama paprika hijau yang memiliki kandungan air paling tinggi, yaitu sebanyak 93,9%. Sedangkan paprika merah dan kuning memiliki kandungan air sebanyak 92%. Paprika hijau kaya akan antioksidan dan memiliki rasa yang sedikit manis. Tambahkan paprika hijau dalam salad atau tumisan dan sup.

Nuthfa Nurridha-detikFood

No comments: