Friday, December 27, 2013

Konsumsi Teh Hitam dan Alpukat untuk Atasi Gelisah dan Sulit Konsentrasi


Foto: Thinkstock/http://images.detik.com/content/2013/12/27/900/dalam.jpg


Jakarta - Kurang konsentrasi dan gelisah bisa jadi pertanda stres. Gejala stres ini biasanya justru memicu orang memilih makanan berlemak dan tinggi karbohidrat. Padahal seharusnya makanan segar yang sehat yang harus sering dikonsumsi.

Ada beberapa makanan segar dan enak yang dapat membantu mengatasi stres. Seperti direkomendasikan oleh Huffingtonpost (25/12/2013) ini.

1. Dark Chocolate
Dark chocolate membantu pelepasan dopamin yang merupakan bahan kimia otak yang berhubungan dengan rasa senang. Zat ini juga dapat membantu untuk menambah daya konsentrasi. Dianjurkan untuk konsumsi 30 gram dark chocolate per hari.

2. Susu Skim
Mengandung tryptophan, asam amino yang menciptakan serotonin. Senyawa ini bisa membuat orang merasa santai. Cobalah segelas susu skim jika sulit tidur dan membantu mengatasi stres yang berhubungan dengan gejala PMS (pra menstruasi).

3. Teh hitam
Teh ini mengandung antioksidan dan asam amino yang telah dapat mempengaruhineurotransmitter di otak.Neurotransmitter ini secara alami mengurangi kadar hormon stres kortisol.


4. Alpukat
Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Memberi rasa lebih nyaman dan mengatur komunikasi saraf yang meningkatkan daya konsentrasi. Untuk mengonsumsi alpukat bisa diolah menjadi salad, puding, atau saus.

Lusiana Mustinda - detikFood





No comments: